Streaming Radio Komunitas Pendidikan RJFM 107,9 MHz: Menghibur, Mencerdaskan, Mencerahkan

Rabu, 27 Juli 2022



Kegiatan Visitasi Rencana Kerja Anggaran Madrasah (ERKAM) dan Evaluasi Diri Madrasah (EDM) Kinerja dan Afirmasi diselenggarakan di MI dan MA Riyadlul Jannah, Cikundul, pada Rabu, 27 Juli 2022. Visitasi ini diselenggarakan sebagai bentuk evaluasi dari Kementerian Agama terhadap realisasi ERKAM dan EDM tahun anggaran 2020/2021.

Kepala Madrasah Aliyah Riyadlul Jannah menyebutkan, pelaksanaan visitasi oleh Kementerian Agama merupakan salah satu upaya peningkatan mutu sekolah.



“ Sebagai kepala madrasah, saya memiliki harapan kepada Tim Visitasi untuk memberikan arahan demi meningkatkan kualitas madrasah ini,” ujar Kepala Madrasah Aliyah Riyadlul Jannah, Saeful Jihad, M.Pd.



Madrasah di Kota Sukabumi diharapkan memperlihatkan kegiatan pembelajaran yang bersifat “kekinian”, salah satunya membangun madrasah berbasis digital. Hal ini disampaikan oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Kota Sukabumi, Samsul Puad, S.Ag., M.H.

“ Madrasah harus memperlihatkan mutu dan kualitas dalam berbagai kegiatan pembelajaran, terutama menyediakan sarana dan prasarana berbasis digital kepada masyarakat,” ungkap Samsul Puad kepada para guru dan Tim Visitasi.

Sementara itu, Visitator Kemenag, Astri Sutisnawati mengatakan bahwa visitasi ERKAM dan EDM merupakan upaya evaluasi dari Kemenag terhadap realisasi Rencana Kerja dan Evaluasi Diri Madrasah tahun 2020-2021.



Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah merupakan aplikasi yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia yang digunakan oleh seluruh madrasah baik secara daring atau luring dalam merencanakan kegiatan-kegiatan di sekolah yang dibiayai oleh anggaran BOS Reguler.

Evaluasi Diri Madrasah (EDM) merupakan perangkat yang diisi oleh setiap madrasah dalam menilai kesesuaian antara rencana kegiatan dengan realisasi atau penggunaan anggaran terhadap kegiatan-kegiatan yang telah direncanakan oleh madrasah.

MI dan MA Riyadlul Jannah menjadi dua madrasah di Kota Sukabumi yang akan menerima Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Afirmasi dan Kinerja. Bantuan operasional ini telah direncanakan oleh pihak madrasah untuk kegiatan-kegiatan penting madrasah seperti; peningkatan kapasitas guru, pengembangan madrasah digital, perbaikan sarana dan prasarana, serta penyediaan sanitasi madrasah.

0 Tanggapan